Jumat, 01 Maret 2013

Psychology Communication and Psychology Noise


Secara umum psikologi komunikasi berusaha menjelaskan  beberapa faktor psikologis yang dapat memengaruhi seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dalam komponen komunikasi sendiri terdapat 5 aspek yaitu Sender, Message, Receiver, Media, dan Noise. Salah satu Noise atau gangguan yang ada pada proses komunikasi adalah Psychology Noise dimana gangguan psikologi disebabkan oleh aspek-aspek psikologi dari para peserta komunikasi. Gangguan psikologi bisa dialami oleh Sender maupun Receiver.
Contoh:
1.   Ketika saya berbicara dengan tetangga saya yang pendengarannya terganggu atau tuli, maka komunikasi diantara kami tidak akan efektif karena ada gangguan psikologi dari diri komunikan. itu sebabnya harus ada media lain yang bisa mendukung komunikasi kami misalnya dengan menggunakan komunikasi non verbal  atau yang lainnya.
2.   Disaat saya sedang sedih karena Ibu saya sakit kemudian dihari itu saya akan melakukan presentasi di kelas, otomatis saya akan sedikit kurang ekspresif dan kurang konsentrasi dalam menyampaikan materi presentasi saya karena terdapat masalah yang saya anggap membebani pikiran saya hingga saya tidak bisa berkomunikasi dengan baik terhadap audience di kelas. Itulah salah satu contoh gangguan psikologi yang dialami oleh komunikator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar